Safiamita


Bulan lalu ikut sebuah acara yang diselenggarakan di Bogor. Dalam salah satu sesi nya, di isi dengan sesi motivasi untuk para peserta. Temanya adalah Bagaimana menghadapi orang yang complain terhadap pekerjaan kita dikantor. Entah complain itu berasal dari pihak eksternal maupun internal kantor sendiri, seperti rekan kerja.

Dalam sesi itu dijelaskan beberapa kemungkinan yang menjadi sebab orang lain complain terhadap pekerjaan kita serta beberapa solusi untuk mengatasinya. Yang paling diingat adalah kata2 "Don't take it personally, just do it professionally". Jangan dimasukkan ke hati atas complain2 yang kita terima tersebut karena pada dasarnya, yang dicomplain dikantor adalah pekerjaan kita, bukan pribadi kita. Kemudian solusinya adalah, kerjakan saja secara profesional, tidak usah mencari siapa yang salah atau benar. Jangan menyalahkan diri sendiri atau orang lain atas complain tersebut, semua itu akan mengurangi rasa sakit hati atau rasa mangkel kita.

Setelah dipikir2, ternyata benar juga. Terkadang walau kesalahan itu ada pada kita, jarang sekali mau mengaku salah terlebih dahulu tanpa alasan, dsb. Atau lebih enaknya, menyalahkan orang lain dan berkilah kesalahan bukan pada kita. Sudah saatnya untuk fokus pada solusinya saja, bukan mencari siapa yang benar atau salah jadi tidak ada yang merasa disalahkan atau merasa sakit hati atas complain tersebut.
Dan ternyata setelah di praktekkan, sangat membantu. Bekerja jadi lebih tenang. Tidak merasa diserang oleh orang lain, saat ada yang complain pekerjaan kita. Kalaupun kesalahan ada pada kita, tinggal diperbaiki secara profesional sesuai dengan porsinya. Bila kesalahan bukan pada kita, tinggal di jelaskan secara santun. No hurt feeling in it.

So, daripada terus menerus mengeluh, lebih baik belajar profesional dan ikhlas. Kalau terus menerus mengeluhkan orang lain, bisa jadi kita adalah orang yang paling sering dikeluhkan juga oleh orang lain.

Kalau dengan trik ini bisa memperluas hati, kenapa tidak dicoba dipraktekkan :)


Label: | edit post
0 Responses

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails

Galeri