Safiamita
Entah apakah saya udah pernah nulis tentang ini atau belum, tapi karena ini kejadian lagi jadi niat nulis lagi. Saat anak sakit, saya gak terbiasa untuk langsung membawa nya ke dokter, kecuali klo 2-3 hari badannya masih panas dan gak turun2 atau klo anak sudah keliatan lesu, gak semangat beraktivitas. 
Klo panas, obat anak2 langganan anak-anak adalah Sanmol. Klo udah agak gede dan bisa makan obat kayak inzana anak ya pake nya itu. 
Sebenarnya bukan anti ke dokter, klo ke dokternya sih gampang aja, tapi kan gak selesai disitu... ada obat yang harus diminum sama anak2.. biasanya juga dikasih beberapa jenis juga. ngasih satu jenis aja susahnya minta ampun, apalagi klo dikasih nya puyer, ampun deh.. gak tega liat anak udah sakit, muntah2 pula pas makan obat pahitnya.
Apalagi klo ada antibiotiknya yang harus dihabiskan walau anak udah berangsur pulih.
Biasanya klo terpaksa ke dokter, saya minta obatnya dalam bentuk sirup dan nanya mana yg antibiotik. Jadi klo anak cuma panas karena batuk pilek trus dikasih resep antibiotik juga sama dokter, biasanya obatnya tetep saya tebus tapi gak dikasih ke anaknya, buat jaga2 aja. Bukan sok pinter juga, bukan anti sama antibiotik juga.. tapi liat situasi dan kondisi anak nya aja. Klo memang panasnya gak turun selama 3 hari trus sakitnya gak jelas apa, misal gak ada gejala batuk pilek ya berarti memang butuh antibiotik karena bisa jadi panasnya yang gak turun2 itu karena ada infeksi.
Intinya sih, yang penting buat kebaikan anak aja.
Seperti sekarang ini, dari minggu si adek udah panas badannya, hari senin neneknya udah nyuruh ke dokter. Udah mau berangkat, tp akhirnya sy bilang selasa aja. Tapi hari selasanya si adek sepertinya udah baikan karena masih mau beraktifitas walau badannya masih panas dan ada diare nya. Klo diare biasanya di kasih lacto B sama minum yang banyak. Klo diarenya parah, susunya juga sementara diganti dengan susu yang rendah laktosa, obat diare nya paling neo kaolana atau sejenis itu. Klo pake lacto B, emang gak langsung berhenti diarenya karena bukan obat, lacto B hanya bakteri baik.
Alhamdulillah hari rabu ini udah mulai turun panasnya dan malam ini udah normal seperti biasa.
Yang penting klo buat saya liat kondisi anaknya aja, klo masih mau beraktifitas berarti dia masih baik tapi klo sudah lemas, lesu, gak mau beraktifitas itu sudah tanda harus segera ke dokter.
Yang paling di cemaskan adalah DBD karena efeknya cepat sekali.. gejalanya pun biasanya cuma panas aja... Dulu ada temennya Kakak Mita juga meninggal karena DBD ini... padahal cuma panas 3 hari aja. dan gak menunjukkan gejala apa2. Jadi tetap harus waspada juga terhadap anak2 klo sakit, gak boleh lalai. 
0 Responses

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails

Galeri