Safiamita
Sebenernya sudah lama pingin saya tulis, tapi karena sesuatu dan lain hal jadi tertunda terus, sekarang ada yang bertanya, jadi sekalian aja saya jawab disini. 
1. Untuk bisa ikut seleksi, tentu saja persyaratan formalnya dari BPKP dulu harus dipenuhi.
Untuk bisa ikut seleksi beasiswa ini, kita harus punya SK penunjukan sebagai staf pengelola keuangan atau APIP. Klo bukan staf pengelola atau APIP sudah bisa dipastikan gak bisa ikut seleksi beasiswa ini. Syarat2 formalnya bisa dibaca disini
http://star.bpkp.go.id/konten/12/file-prosedur

2. S1 dari berbagai jurusan sepertinya gak masalah (walaupun diutamakan dari jurusan ekonomi) sepanjang mereka adalah APIP/staf pengelola keuangan. Ada teman sekelas saya, dari sarjana teknik yang bekerja di Inspektorat Daerah Pekalongan, bisa lulus beasiswa ini walau beasiswa S2 nya adalah Magister Akuntansi.

3. Syarat Rekomendasi minimal dari pejabat es II (ada di persyaratan formalnya). Kebetulan saya dari Departemen keuangan, alhamdulillah ketika meminta izin, mendapat kemudahan dari atasan. 

4. Kalau untuk yang berasal dari Kementerian seperti saya, biasanya BPKP mengirimi surat penawaran beasiswa ke Kementerian/ Pemda. lalu nanti di internal kementerian, akan ditawarkan kepada para pegawai. Pegawai yang ingin ikut mendaftar lewat kementeriannya, nanti dari kementerian akan meneruskan formulir pendaftaran dan syarat2 yang harus kita lampirkan ke BPKP.

PENTING : Berkas pendaftaran yang sudah kita kumpulkan ke instansi asal, agar dicopi beberapa rangkap, karena ketika ujian dan wawancara biasanya kita juga diminta membawa berkas pendaftaran tersebut.

Setelah mendapat izin mendaftar dari instansi asal, kita harus mendaftar secara mandiri ke Universitas yang kita tuju. Nah, ini yang paling penting, karena kita harus aktif untuk menanyakan kapan ujian seleksi STAR BPKP akan diadakan oleh universitas nya? karena tiap2 universitas waktu seleksinya bisa berbeda.
Untuk Magister Akuntansi UNDIP, dapat dibaca disini :
http://www.maksi.undip.ac.id/index.php/component/content/article/217-beasiswa-star-project-ii-bpkp.html

5. Pendaftaran ujian seleksi di UNDIP dilakukan secara online, kita mengisi formulir pendaftarannya lalu membayar biaya pendaftaran nya, klo saya dulu diawal tahun 2014 biayanya Rp.750.000
Kalau kita lulus seleksi, biaya ini akan diganti oleh BPKP tapi klo gak lulus ya biaya ditanggung sendiri.
Di hari H ujian, kita datang ke Undip sambil membawa persyaratan yang diminta oleh universitas dan kartu ujian yang diprint dari website nya, kayaknya persyaratannya juga berbeda2 untuk tiap universitas, kalau di UNDIP kita tinggal datang di hari H lalu mengikuti ujian kemampuan TPA, Bahasa Inggris, Kemampuan akuntansi dan wawancara dari pihak UNDIP. Ada juga universitas yang mensyaratkan ada sertifikat TPA standar Bappenas dan sertifikat TOEFL.
Kalau kita sudah dinyatakan lulus dari seleksi universitas, tahap yang paling menentukan berikutnya adalah wawancara dengan pihak BPKP yang nanti juga diselenggarakan di Universitas masing-masing.
Nah, klo sudah lulus dari wawancara ini, berarti kita sudah mendapatkan beasiswa STAR BPKP.
Pertanyaan nya kayaknya sudah ada standarnya dari BPKP, apa saja yang harus ditanyakan oleh pewawancara.
Seingat saya, saya dulu ditanya :
1. Bagaimana bisa beasiswa STAR BPKP?
2. Apa motivasi nya ikut beasiswa ini? 
3. Apa pekerjaan sehari2 di kantor?
4. Kenapa BPKP kok menyelenggarakan beasiswa ini?
5. Bagaimana pandangan anda terhadap APIP/ pengelolaan keuangan negara di Indonesia?
6. Apakah anda sudah punya rencana tesis?
7. Sanggupkah anda menyelesaikan studi dalam waktu 2 tahun?
8. Apa yang anda tau tentang reformasi keuangan negara ?
dan pertanyaan lain2 lah, tapi namanya wawancara, dibawa tenang aja biar bisa jawab. 

6. Kalau masalah kuota berapa jumlah orang yang lulus, saya kurang tau pasti, bisa ditanyakan ke universitas masing2. di UNDIP dalam 3 batch penerimaan, sepengetahuan saya, katanya kuotanya masih kurang terpenuhi, karena dari info gak resmi yang saya dengar sih, dikasih kuota sekitar 2 kelas. 1 kelasnya sekitar 20-30 orang. Di tahap 1, yang lulus klo gak salah 40 an orang, dibagi jadi 2 kelas. di Tahap 2, rombongan saya yang lulus hanya 10 orang, ketika itu pendaftar nya memang sedikit karena mepetnya waktu pendaftaran. Di tahap 3 setelah saya klo gak salah sekitar 25 an orang yang lulus, dijadikan satu kelas. Ada beberapa teman saya yang gak lulus di tahap wawancara sama BPKP.

7. Tips lulus : Banyak2 berdoa, belajar dan menguatkan tekad. Beli buku TPA, buku tes TOEFL atau buku lain untuk belajar bahasa inggrisnya sama buku akuntansi untuk ujian kemampuan akuntansi walau yang ditanya masih basic2 nya aja.
Kalau ketika wawancara, saya cuma berusaha bersikap tenang, menganggap seperti berbincang biasa tapi tetap sopan dengan pewawancara serta menunjukkan kesungguhan atau antusiasme klo kita benar2 berharap bisa mendapatkan beasiswa ini. Tips wawancara kayaknya juga banyak, tinggal di googling aja.

Akhirnya, Siapapun yang ingin mencoba ikut, semoga jalannya dilancarkan dan dimudahkan sehingga bisa lulus beasiswa ini juga, aamiin....

Klo masih ada yang mau ditanyakan, bisa ditulis di komentar, insyaAllah saya jawab semampu saya. 

Label: | edit post
11 Responses
  1. Anonim Says:

    makasih banyak loh mb infonya.. berguna banget bg aq :)


  2. Safiamita Says:

    alhamdulillah, klo ada manfaatnya :-)


  3. yuli Says:

    syaratnya jd afip apa ya? misal bagian yang bisa gak? waskon misalnya...


  4. Safiamita Says:

    mbak yuli : setau saya, pas sy daftar dulu yg dibolehkan daftar dari djp itu kyk bendahara, staf pengelola keuangan, ppk, dll. tp terakhir temen yg dari riki juga bisa daftar. coba aja mb yuli telp lsg ke kanpus djp kebagian kepegawaian sub bagian apk.


  5. Anonim Says:

    Trima kasih banyak mbak... Sangat ngebantu... Trutama sya & teman2 akan di wawancara oleh Tim BPKP pusat pda tgl 3 agustus 2015 nanti di Universitas Palangka Raya Kalimantan Tengah... Mohon do'anya


  6. Anonim Says:

    Mbak, apakah setelah dinyatakan lulus seleksi peserta sdh wajib menyerahkan surat tugas belajar dari instansi misalnya SK Tubel yang ditandatangani oleh Kepala Daerah? Mengingat pengurusannya memakan waktu yang lumayan lama. Mohon penjelasan terima kasih.


  7. Safiamita Says:

    iya, harus ada surat tugas belajar dari instansi ybs. setelah dinyatakan lulus nanti pengumuman kelulusannya disampaikan ke instansi asal, setelah itu instansi asal harus membuat st nya. pengalaman teman2 dari pemda, mereka bisa mulai kuliah sambil mengurus st nya keluar. tapi tergantung instansi masing2 ya, klo saya dari djp, saya baru bisa kuliah setelah st dari djp keluar.


  8. Gage Says:

    Maaf mbakk enjoy gak kuliahnya, n brpa dapat Tunjangan dari Kantor?


  9. safiamita Says:

    kalau saya sangat menikmati sekali sekolahnya ketimbang dikantor :)
    untuk pegawai tugas belajar di DJP, gaji tetap full tapi tunjangan kinerjanya 70 %.


  10. siti mujaya Says:

    Assalamualaikum mbak, sy ingin ikut star bpkp ini tp saya selalu ketinggalan informasi pendaftarannya. Mohon sharing agar mengetahui info yg akurat krna kantor sy kecil jd jarang sekali ada info masuk. Terimakasih


  11. Anonim Says:

    waƔlaikumsalam, mbak siti. Wah sayang sekali, mbak.. setau saya program star BPKP akan berakhir thn 2017 jadi tahun ini udah gak buka pendaftaran lagi. klo mbak siti berminat ikut beasiswa, coba beasiswa LPDP aja mbak, dari Kemenkeu. coba baca2 disini, mbak.. http://adhiwie.web.id/tips-lolos-beasiswa-lpdp/
    tetap semangat dan semoga sukses ya, mbak... aamiin...


Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails

Galeri