Safiamita
Beberapa waktu yang lalu, kita ikut sebuah workshop penulisan dengan tema "Menulis Itu Mudah". Sebenarnya sudah sering mendengar kata-kata itu, tapi pada kenyataannya tidak mudah untuk dilakukan. Workshop kemarin diisi oleh Bapak Eko H. Mudjiharto, seorang Redaktur di Surat Kabar Harian Suara Merdeka. 
Beliau mengatakan bahwa menulis itu adalah suatu hal yang sangat alami seperti halnya kita berbicara. Menulis itu mudah seperti kita bercerita. Hanya saja, menulis itu juga memerlukan latihan, membutuhkan sebuah proses yang alurnya harus kita lewati satu persatu untuk menjadi mahir dalam menuliskan kata-kata. Beliau juga mengatakan bahwa seorang penulis yang baik adalah seorang pembaca yang baik, artinya adalah semakin banyak kita membaca, semakin banyak referensi kita untuk menulis dan akan membuat kita semakin terasah dalam menulis. Melalui referesi yang banyak, kita bisa saja mencari kaitan suatu data, merunutkan suatu cerita, memaparkannya sehingga akhirnya dapat menjadi sesuatu yang enak untuk dibaca. 
Saat mencoba menulis sesuatu, cobalah untuk menulis tanpa mengedit. Selesaikan lah dulu apa yang ingin ditulis, baru setelah itu dibaca dan di edit apa yang telah diitulis agar ide yang sudah ada dapat tertuang secara utuh dalam tulisan tersebut. Banyak-banyak latihan membuat tulisan juga akan membuat kita semakin terampil dalam menulis.
Mungkin bisa dimulai dengan menulis apa yang dirasakan, apa yang dilalui hari ini atau bisa juga mengeluarkan uneg-uneg lewat tulisan. Lama kelamaan akan membiasakan kita bercerita lewat tulisan, bukan hanya sekedar lisan. 
Agar tidak memakan waktu yang lama, mulailah dari saat ini untuk mencoba, temukanlah keasyikan tersendiri apa bila sudah terbiasa menulis. Bisa dimulai menulis opini kita tentang sesuatu atau mendokumentasikan apa yang telah terjadi pada hidup kita di masa lalu, cita2 kita dimasa depan sehingga setelah semuanya berlalu dan ketika kita membacanya lagi, maka kita akan tahu rekam jejak kita lagi di masa lalu atau apakah yang kita cita2 kan di masa dulu sudah dapat kita wujudkan dimasa sekarang. 
Ayo coba untuk menulis, dan buktikan sendiri bahwa ternyata Menulis Itu Mudah :)

Label: | edit post
1 Response
  1. heri Says:

    nulis itu bisa jadi ibadah asal baik


Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails

Galeri