Safiamita
Penyakit langganannya satria adalah panas, batuk, pilek dan diare. Biasanya penyakit2 ini datangnya berurutan, sering sekali mengunjungi si bungsu ini.. aku belum menemukan penyebabnya.. padahal makanan si adek masih bikin sendiri, bukan makanan instan atau beli diluar. 
Klo dokternya sih mengindikasikan dari air minum.. karena sekarang semua memakai air mineral yang prosesnya tanpa di masak terlebih dulu, beberapa bulan yang lalu aku masih belum percaya, tapi sekarang sudah mulai goyah.. apa karena air mineralnya palsu ya? Pdhl sudah beli yg merek terkenal. Nantilah kita telusuri lagi, klo perlu biar yakin asli,beli dari agennya lsg aja atau air minum buat si adek memang harus di masak dulu. Yang jelas ini lah obat2 yang setia menemani ketika si adek sakit. 
Klo panas, kita selalu sedia sanmol drop. Aku lebih cenderung ke parasetamol dibanding ibuprofen, kakaknya juga alergi sama ibuprofen jadi masih setia dengan sanmol. 
Kalau batuk pilek, sampai dengan umur satu tahun ini blm pernah coba obat bebas kecuali dari dokter, tapi klo batuk pilek aja, jarang banget pergi ke dokter. Paling dikasih minum yang banyak sama makannya lebih diperhatiin aja. 
Nah, klo diare ini kita biasanya lebih waspada. Klo selama diare, si anak masih ceria, masih main, gak dehidrasi biasanya masih santai. Tapi klo udah terlihat lemas biasanya langsung angkut ke dokter. Klo diare, yang paling sering diberikan adalah lacto b. Lacto b ini bukan obat, hanya bakteri baik alias lacto basilus jadi masih aman diberikan pada anak untuk memperbaiki pencernaannya, biasanya kita kasih 3 kali sehari. 
Biasanya sih cukup manjur, alhamdulillah. Kita itu paling males ke dokter kecuali terpaksa. Bukan apa2, klo sakitnya masih biasa, mending ditanganin dengan telaten aja pake obat biasa atau makan dan minumnya yang lebih diperhatiin karena klo ke dokterpun ngasih obat ke anaknya juga susah apalagi klo dikasih antibiotik lagi. Gak jarang juga ngasihnya puyer, si anak di cekok obat malah muntah2, yang stres emaknya apalagi klo ada antibiotik, berarti itu obat harus diminum sampai habis. Jadi, klo kondisi anak masih tidak mengkhawatirkan, kita masih mencoba dengan memberikan asupan makan minum yang lebih atau obat2 diatas tadi. Yang jelas, lacto B buat kita sangat membantu ketika anak diare, walaupun gak sreta merta langsung menghentikan diare anak, biasanya butuh waktu 1-2 hari baru diarenya berhenti. klo si Adek diare, diberi air minum yang lebih banyak biar gak dehidrasi, susu formulanya juga dihentikan dulu, sering-sering disuapin makan bubur dan buah yang bisa membantu pencernaannya seperti pisang. Alhamdulillah, episode sakit bulan juli ini bisa dilewati, sekarang si Adek sudah kembali ceria lagi.
0 Responses

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails

Galeri