Safiamita
Beberapa waktu yang lalu sering terlibat dengan pembicaraan yang bertopik : naik haji. 
Banyak teman2 yang sudah mendaftar untuk berangkat haji. Tapi ketika ditanya, ternyata orang tuanya belum berangkat haji. Menurut mereka, karena mereka yang mampu, jadi mereka yang duluan wajib berangkat, setelah itu mungkin baru mereka menabung lagi untuk memberangkatkan orang tuanya. 
Klo menurut saya pribadi, sekali lagi ini hanya pendapat pribadi saya...  alangkah baiknya kalau mendahulukan orang tua dulu untuk berangkat haji. Klo hitung-hitungan umur, mungkin kita masih punya peluang untuk hidup lebih lama dari mereka yang sudah tua. Biarlah mereka dulu yang berangkat, semoga setelah itu Allah berkenan untuk memanjangkan umur kita, melapangkan rejeki kita, dan memanggil kita untuk bisa berangkat ke tanah suci. Kebanyakan, kalau ditanya, hampir setiap orang tua ingin berangkat haji sebelum akhir hayat mereka, hanya mungkin terkendala biaya. Kalau dihitung2, biaya haji memang besar. Tapi coba dibandingkan dengan biaya orang tua merawat kita sampai kita bisa berhasil seperti sekarang, ditambah dengan kasih sayang mereka merawat kita sampai dewasa? Kita bisa berhasil sampai detik ini pun karena ada orang tua yang membuat kita seperti ini.. Rasanya biaya haji tidaklah sebanding dengan perjuangan mereka untuk kita, anak2 nya... 
Jadi menurut saya tidak ada salahnya kita membuat orang tua kita termasuk kategori mampu menjalankan ibadah hadi dengan memampukan mereka untuk berangkat dari sisi biaya/finansial. 
Mumpung orang tua masih ada, bahagiakanlah semampunya. Kalau nanti sudah gak ada, hanya doa yang bisa dikirimkan.
Label: | edit post
0 Responses

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails

Galeri