Safiamita



Tanggal 30-31 Oktober 2010 KPP Pratama Semarang Tengah Dua mengadakan ICV sebagai kelanjutan dari program DJP Maju Pasti. ICV ini diadakan dalam rangka penguatan nilai-nilai organisasi DJP, yaitu Profesionalisme, Integritas, Teamwork dan Inovasi agar selalu melekat pada masing2 pegawai DJP.
Yang sangat ditekankan dari keempat nilai tersebut adalah integritas, karena integritas berkaitan dengan hati nurani masing2. Tanpa adanya integritas kita tidak akan bisa  bekerja secara maksimal. Seluruh pegawai DJP diharapkan dapat selalu menjaga integritasnya dan saling peduli bila ada teman lain yang integritasnya melemah. Setelah kasus Gayus kemarin, DJP memang sempat terpuruk dengan berbagai sentimen negatif serta ketidakpercayaan dari masyarakat. Tapi tetap tidak boleh menyerah, harus terus berusaha membuktikan kepada masyarakat bahwa di DJP bukan hanya ada Gayus, tapi masih banyak orang2 yang punya integritas tinggi dan punya komitmen untuk berbakti pada negeri, mengelola pajak demi rakyat dan negara. 
Seperti testimoni yang diberikan oleh Bu Sri Mulyani Indrawati pada kuliah umum bertajuk”Kebijakan Publik dan Etika Publik” di Hotel Ritz-Carlton, Selasa (18/5/2010) malam, yang cukup mengharukan dan mampu menjadi semangat untuk kami para pegawai Kementerian keuangan khususnya DJP. Kira2 begini lah transkrip pidato nya :

" Anda semua bertanggungjawab sama seperti saya. Mencintai republik ini dengan banyak sekali pengorbanan sampai saya harus menyampaikan kepada jajaran pajak, jajaran bea cukai, jajaran perbendaharaan, “Jangan pernah putus asa mencintai republik.” Saya tahu, sungguh sulit mengurusnya pada masa-masa transisi yang sangat pelik.

Kecintaan itu paling tidak akan terus memelihara suara hati kita. Dan bahkan menjaga etika kita di dalam betindak dan berbuat serta membuat keputusan. Dan saya ingin membagi kepada teman-teman disini, karena terlalu banyak di media seolah-olah ditunjukkan yang terjadi dari aparat di kementerian keuangan yang sudah direformasi masih terjadi kasus seperti Gayus.

Saya ingin memberikan testimoni bahwa banyak sekali aparat yang betul-betul genuinly adalah orang-orang yang dedicated. Mereka yang cinta republik sama seperti anda. Mereka juga kritis, mereka punya nurani, mereka punya harga diri. Dia bekerja pada masing-masing unit, mungkin mereka tidak bersuara karena mereka adalah bagian dari birokrat yang tidak boleh bersuara banyak tapi harus bekerja.

Sebagian kecil adalah kelompok rakus, dan dengan kekuasaan sangat senang untuk meng abuse. Tapi saya katakan sebagian besar adalah orang-orang baik dan terhormat. Saya ingin tolong dibantu, berilah ruang untuk orang-orang ini untuk dikenali oleh anda juga dan oleh masyarakat. Sehingga landscape negara ini tidak hanya didominasi oleh cerita, oleh tokoh, apalagi dipublikasi dengan seolah-olah menggambarkan bahwa seluruh sistem ini adalah buruk dan runtuh. Selama seminggu ini saya terus melakukan pertemuan dan sekaligus perpisahan dengan jajaran di kementrian keuangan dan saya bisa memberikan, sekali lagi, testimoni bahwa perasaan mereka untuk membuktikan bahwa reform bisa jalan ada disana. Bantu mereka untuk tetap menjaga api itu. Terima kasih."

Terima kasih juga ya, Bu. Tetap berada disisi kami untuk membela dan menguatkan kami sampai akhir.

Selain ICV, kegiatan kemarin juga diisi dengan pengenalan program PINTAR yang merupakan suatu program penyempurnaan sistem administrasi perpajakan yang dilaksanakan guna mendukung reformasi DJP.PINTAR adalah singkatan dari Project for Indonesian Tax Administration Reform.
Program PINTAR mengadopsi praktek-praktek terbaik internasional dan menerapkan pengawasan yang komprehensif, sehingga dapat memperbaiki proses bisnis untuk memaksimalkan efisiensi sumber daya dan meningkatkan kinerja.
Tujuan PINTAR adalah Meningkatkan kepatuhan sukarela Wajib Pajak dengan cara meningkatkan efisiensi dan efektivitas DJP melalui upaya komprehensif untuk mencegah penghindaran pajak dan melanjutkan reformasi yang sedang dilakukan oleh DJP untuk memperbaiki tata kelola administrasi perpajakan dengan memperkuat mekanisme transparansi and akuntabilitas di lingkungan DJP.
Program PINTAR direncanakan akan selesai dalam waktu 4 (empat) tahun (2009-2013). Diharapkan pada tahun 2014 program ini sudah dapat dijalankan.

Kira2 begitulah isi IHT dan ICV yang diadakan kemarin. Smoga dengan IHT ini semuanya bisa merasakan manfaatnya dan tujuan IHT ini bisa tersampaikan, amiin....


Label: | edit post
0 Responses

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails

Galeri