Safiamita
 Tampak Depan Lawang Sewu (Gedung A)

Gedung B Lawang Sewu 

Ruang Pamer yang ada di Gedung B 

Miniatur Gedung Lawang Sewu

Pelataran rindang yang ada diantara gedung



Akhirnyaaaa... kesampaian juga untuk menginjakkan kaki di gedung bersejarah ini. Hari minggu kemarin dengan setengah memaksa minta dianterin sama suami ke Lawang Sewu ini. Hehe.. dengan terpaksa dan setengah mengomel juga, dia nganterin kita buat melihat gedung ini. "Mau ngapain coba kesana?" tanyanya. Kita cuma diem aja.
Lhaaa, ini kan salah satu icon nya kota semarang, masa udah 4 tahun di semarang, masa sekalipun belum pernah menginjakkan kaki ke lawang sewu. Paling gak, sekali udah cukuplah buat sekedar tau, seperti apa gedung yang terkenal itu. Jadi klo ada yang tanya tentang Lawang Sewu kan kita bisa jawab :)

Perjalanan dimulai...
Di pagar depan kita sudah di sambut oleh petugasnya, harga tiket masuk per orang Rp. 10.000,- entah klo hari biasa sama or gak ya, karena ini masih suasana lebaran. Untuk disertai dengan seorang pemandu, tambahan biayanya Rp. 30.000,-. Mulai lah ekspedisi kita di gedung tua ini, walaupun dengan agak takut, hehe.. karena paradigma yang tertanam tentang lawang sewu adalah angkernya itu lho...
Karena gedung A masih dalam tahap perbaikan, jadi belum dibuka. Kita beralih ke Gedung B yang diisi dengan sejarah per kereta apian di Semarang. Ternyata di Semarang dulu pernah ada trem. Lawang Sewu erat sekali kaitannya dengan Kereta Api, bahkan sekarang pun pengelolaannya berada di bawah PT KAI. Hal ini karena pada awal pendiriannya memang diperuntukkan untuk kantor per kereta apian di Semarang, dulu nama kantor nya Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij atau NIS. Lawang Sewu dibangun pada tahun 1904 dan selesai pada tahun 1907
Disebut Lawang Sewu (Seribu Pintu) dikarenakan bangunan tersebut memiliki pintu yang sangat banyak. Klo dihitung sih kayaknya pintu yang ada tidak sampai seribu. Di Gedung B terdapat ruang pamer miniaturnya gedung ini serta sejarah perkeretaapian di semarang. Ada juga cerita dan foto2 tentang pemugaran gedung ini sendiri. Keluar dari gedung B kita akan disambut dengan suasana asri dan sejuk karena di tengah2 pelataran depan gedung B ada sebuah pohon besar yang bikin suasana sejuk. Setelah itu, kita beralih ke gedung yang satunya lagi, isinya juga ruang pamer tentang renovasi gedung. Dari situ, ekspedisi berakhir dan kita pulang dengan rasa tidak penasaran lagi tentang Lawang Sewu :)

Letak Lawang Sewu di tengah kota Semarang, orang menyebutnya kawasan tugu muda. Jadi klo mau berkunjung kesini gak akan susah menemukan lokasinya. 

Label: | edit post
0 Responses

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails

Galeri