Safiamita
Gak terbayang ternyata renovasi rumah itu butuh biaya yang gak sedikit. Dana yang diperkirakan cukup, ternyata kurangnya lumayan banyak :'(
Sebenarnya renovasi rumah ini dilakukan karena keadaannya memang mendesak. Kusen pintu dan jendela udah pada habis dimakan rayap, padahal rumah ini baru berdiri kurang lebih 4 tahun (th 2008). Karena dulu beli nya dari pemborong jadi mungkin mereka pake kayu yang kurang bagus. 
Setelah diskusi sama suami, kita mau sekalian ganti kusennya pakai kayu jati aja biar tahan lama. Akhirnya setelah tanya kiri kanan, dapat lah referensi dari teman yang dulu juga sempat beli pintu jati dari seseorang di daerah Gunung Pati, Semarang. Setelah telp orangnya, kemudian dia berkunjung dirumah. 
Hmh... namanya juga jati ya, mahal pastinya. Untuk kusen Jati dengan dengan kualitas kayu nomor 1 : Rp. 150.000/meter, untuk kualitas nomor 2 : Rp. 125.000/meter. Bedanya, klo kualitas1, potongan kayunya berwarna cokelat smua, klo yang nomor 2, ada putih2nya. Penjelasannya sih begitu, aku juga gak begitu mengerti bedanya dimana.

 Tukangnya sedang merakit kusen yang mau dipasang

    Pintu Jatinya 

Untuk harga pintu jati dengan kualitas kayu nomor 2, harganya Rp. 750.000,-/pintu. Kata Bapak tukang yang biasa kerja di rumah, itu termasuk murah karena klo belinya di kota semarang, harganya bisa diatas 1 juta karena harga kayu jati di Semarang memang lebih mahal. Setelah kusen terpasang, masalah merembet ke cat rumah. Sepertinya juga harus di cat ulang. Jadilah menambah budget untuk beli cat. Karena mau sekalian tahan lama, beli catnya merek Dulux. Kita beli ketika bulan Ramadhan kemarin, ketika dulux lagi ada promo diskon. Untuk Dulux Watershield dengan warna crystal Peach (baca: Oranye) dengan ukuran 2,5 liter kita dapat dengan harga Rp. 189.000,- /kaleng.

Sekarang renovasi rumahnya masih dalam proses, udah mau satu bulan tapi belum kelar2 juga. Tenyata pasang kusen dan pintu itu gak gampang, butuh waktu dan ketelitian juga.
Tapi belajar dari pengalaman, sediakan budget yang lebih dari perkiraan klo mau renovasi rumah karena pasti butuh lebih dari perkiraan. 
Label: | edit post
1 Response
  1. tukang88.com Says:

    Assalamualaikum, Ibu Safiamita renovasinya sudah selesai ya. Pintu jatinya bagus juga, kalau boleh comment mengenai pintu jatinya cukup murah sih, yang paling penting adalah kepuasan sebagai user. Harga asal sesuai tidak masalah lho Bu... :D karena kenyataannya banyak pintu jati yg jauh diatas harga punya ibu. Sekali lagi, asal sesuai dengan kualitas yang ibu terima.
    Waalaikum salam wr wb.

    ttd
    Fajar
    Penyedia Jasa Renovasi
    http://tukang88.com


Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails

Galeri