Safiamita
Mengabdi pada Negara. Itulah salah satu kalimat yang diucapkan oleh pak boediono ketika diwawancarai di salah satu stasiun TV swasta yang membuatku tertarik untuk mendengarkannya. Melihat riwayat beliau, S1 nya saja diselesaikan di Australia. Beliau berkata bahwa setelah selesai pendidikan, cita-cita beliau adalah ingin mengabdi kepada Negara. Melihat kondisi saat itu, belum memungkinkan untuk beliau masuk ke pemerintahan kemudian beliau memilih menjadi dosen sebagai bentuk pengabdiannya pada Negara yang kemudian mengantarkannya masuk ke pemerintahan juga. Beliau pun sama sekali tidak berpikir untuk bekerja pada lembaga asing seperti IMF atau bank dunia padahal untuk orang seperti beliau, kesempatan untuk mendapat penghasilan yang lebih besar dengan bekerja di org internasional seperti itu pasti terbuka lebar tapi Pak Boed (nama panggilannya) tetap pada komitmennya untuk mengabdi pada negara.
Kata-katanya itu menyadarkan aku pada satu hal. Selama ini aku hanya melihat orang-orang bekerja hanya semata untuk memperoleh uang, hidup layak, dsb yang selalu menyangkut kepentingan pribadi orang tersebut. Rasanya terlalu naïf mendengar orang bekerja untuk Negara. Tapi sekarang aku sadar bahwa memang ada orang-orang yang mengabdikan hidupnya untuk Negara. di kehidupan nyata, yang banya terlihat adalah orang yang notabene adalah aparatur negara hanya sibuk mengeruk keuntungan untuk kepentingan diri pribadi, jauh dari memikirkan Negara ini makanya KKN dimana-mana :(
Untunglah masih ada orang-orang seperti Pak Boediono yang berkiprah nyata untuk Negara dalam diam dan tenangnya. Yang memberikan contoh lewat keteladanan bukan hanya kata-kata. Salah satu contoh keteladanan yang beliau tunjukkan, ketika diangkat menjadi gubernur BI, dan ditanya beliau mau mobil dinas apa. Beliau hanya pilih Avanza. Sekarang aku berharap, Semoga akan ada lagi bermunculan anak-anak bangsa yang mengikuti jejak langkah beliau, termasuk aku (semoga bisa). Mungkin bisa diawali dengan bekerja sebaik-baiknya. Karena sebagai PNS aku adalah aparatur Negara juga. Coba berikan terbaik untuk Negara ini dengan bekerja sebaik-baiknya karena bekerja juga ibadah kan? Mungkin Tuhan pun juga akan lebih sayang pada kita?
Label: | edit post
0 Responses

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails

Galeri