Safiamita

Udah pada tau ama garang asem belum yaa?
Yang difoto ini namanya garang asem. Kenapa dinamai gitu? hehe.. aku juga gak tau, udah dari sananya gitu.
Ini makanan khas mana aku juga gak tau, yang jelas jawa lah ya.
Cuma mau cerita pengalaman makannya aja sih. Pertama kali nyicip yang namanya garang asem tuh di Metro (Lampung) ada temen yang bikin. Tapi kesan pertama tidak menggoda, menurutku rasanya aneh... lagian, ayam kok dibungkus daun... Sejak itu, gak pernah berminat dengan yang namanya garang asem.
Nah, beberapa tahun kemudian.... (hehe... berlebihan kayaknya niy)
Tepatnya senin lalu diajak temen, rame2 ke Kudus cuma buat nyicipin garang asem yang katanya enak. Kita sih antusias buat jalan2nya aja, klo makanannya gak begitu excited lah.
Sampailah kita di rumah makannya yang penuh pengunjung, trus makanannya juga udah mulai dihidangkan. trus berlanjut ke sesi mencicip garang asemnya.... ternyata....
Uenak tenaan... beneran deh. gak nyangka garang asem bisa seenak itu....
Jadi suka ama yang namanya garang asem sekarang.
Tapi sayangnya, tempatnya jauh, harus ke Kudus dulu :)

Garang asem Kudus yang enak itu ada di RM "Sari Rasa", di Jalan AKBP Agil Kusumadya, Kudus. Kalau dari arah Demak (atau Semarang) ada di sebelah kiri setelah gedung Pura Group (pabrik percetakan) atau sebelum kantor PBB lama.
Garang Asem di rumah makan itu rasanya pas banget, dimasak dengan dibungkus daun dan berbagai bumbu seperti cabe rawit dan blimbing wuluh/sayur. Kalau nggak ada blimbing wuluh biasanya diganti sama tomat sayur.
Mungkin kapan2 bisa dicoba buat masak sendiri.
Label: | edit post
0 Responses

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails

Galeri