Safiamita
Ternyata gondongan benar2 menular...
Setelah si Adek yang kena, bundanya pun kena gondongan, secara sampe umur mau 29 tahun ini, emang belum pernah ngalamin gondongan atau mumps. Hiks, jadi tau rasanya pas si Adek sakit kemarin.... gak enak banget rasanya....
Dan kayaknya Bundanya lebih parah deh, panas sampe 40 C. Pipi jadi tambah tembem, alias bengkak tapi cuma yang sebelah kiri. Untungnya pake kerudung jadi gak begitu keliatan.
Pas lagi panas2nya, akhirnya coba searching di internet apa obatnya, dan ternyata ada yang menyarankan buat makan permen karet.
Hmhhh... gak ada salahnya dicoba karena emang ada penjelasannya, mengapa mengunyah permen karet? Ada penjelasan ilmiah untuk hal ini, yaitu karena ntuk melancarkan kembali saluran air liur yang tersumbat, mulut harus digerakkan. Dalam hal ini mengunyah permen karet adalah bentuk gerakan yang bisa merangsang terbukanya kembali saluran air liur.
akhirnya dicobain deh... Alhamdulillah, panasnya berangsur turun (plus minum obat penurun panas juga sih tapi pas siangnya, minum obat jg gak ngaruh apa2).
Jadi kesimpulannya, klo pas lagi sakit gondongan, mengunyah permen karet patut dicoba sebagai salah satu solusi. tapi.. klo buat anak dibawah 3 tahun, cara ini gak bisa dipake kali ya?
malah tambah repot nanti....
Label: | edit post
1 Response
  1. aku juga lagi mengalami gondongan nih, setelah menngunyah permen karet memang agak mendingan


Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails

Galeri