Safiamita

Sekedar ingin berbagi pengalaman yang dialami kurang lebih 11 tahun yang lalu di tahun 1999 saat pertama kali ikut ujian STAN (halah... gak kelamaan ya? hehe... ).

Pingin cerita ini, gara2 kemarin liat ada selebaran di jalan dari sebuah lembaga kursus di Semarang yang judulnya " Fokus ujian masuk STAN 2011", Gitu....

Wah, aku baru tau ya klo sekarang ada lembaga kursus yang buka program khusus untuk bimbingan soal2 STAN, setauku klo untuk ujian masuk UMPTN/SPMB emang udah ada dari dulu. Nah, klo gak salah baca, biaya untuk kursus tadi Rp. 1.250.000,- Mahal juga ya?

Mungkin karena sekarang peminat untuk masuk STAN banyak kali ya? makanya lembaga kursusnya itu membidik bursa peminat STAN.

Hmh... klo zaman dulu, yang masuk STAN itu kebanyakan anak2 yang cerdas tapi pada gak mampu untuk kuliah, karena gak punya biaya. Makanya dari pada gak kuliah, mending masuk STAN aja, kan kuliahnya gratis. Termasuk Helmi Yahya, dulu pernah denger ceritanya waktu Beliau diundang jadi tamu di wisuda anak2 D3 Poltek Universitas Sriwijaya Palembang.

Klo gak salah inget ceritanya, selepas SMA (SMA kita sama lho, di SMA Negeri I Palembang :) ) Beliau sempat kuliah setahun di ITB tapi karena gak punya biaya akhirnya beliau melirik STAN yang katanya kuliahnya gratis. Jadi lah beliau pindah kuliah ke STAN, klo gak salah Hlmi Yahya lulusan STAN angkatan '83 deh. 

Di era ku juga begitu, dari temen2 angkatan dulu banyak yang UMPTN nya ke terima di perguruan tinggi bergengsi, ada UI, UGM, dll tapi pada milih STAN karena selain kuliah gratis dan ada jaminan setelah lulus bisa langsung kerja jadi PNS. 

Di Tahun 1999, STAN belum begitu populer seperti sekarang ini apalagi setelah ada kasus Gayus yang mencuat. Waktu itu hanya sekitar 800 orang yang ikut ujian STAN di Palembang. Sekarang peserta ujiannya di seluruh Indonesia selalu menembus angka 100 ribu lebih peserta . Dan ada satu hal lagi yang perlu ditegaskan bahwa ujiannya benar2 murni, tergantung pada kemampuan masing2 peserta.  

Baiklah, kita kembali ke ujian masuknya. Dulu aku gak pake ikut lembaga kursus untuk persiapan masuk perguruan tinggi atau STAN. Hehe... biasa lah karena keterbatasan biaya, klo pun uangnya ada, sayang buat bayar kursus, mending buat biaya yang lain aja. dulu untuk ikut kursus sistem paket kursus seperti itu butuh dana sekitar 800 ribu. Klo sekarang klo gak tau deh, mungkin udah jutaan. 

Nah, karena keterbatasan biaya, kita dulu belajar sendiri aja. Aku beli buku soal2 UMPTN yang ada bahasan soal dan jawabannya trus belajar dari situ. Termasuk untuk ujian STAN, aku pinjam buku bunga rampai dari sepupuku (buku yang dikeluarin sama anak2 STAN, isinya soal2 STAN biasanya dalam kurun waktu 5 tahun beserta pembahasannya)

Dulu kita ngumpulin soal2 STAN dari tahun 1990-1998 trus belajarnya dari situ aja.

Klo dulu(gak tau sekarang ya), soal2nya itu menurutku dari tahun ke tahun tipe dan modelnya mirip2. 

Cuma klo ujian di STAN, setauku nilainya memang harus stabil untuk apa2 yang diujikan disana, misal tes TPA dan bahasa inggris, nilainya harus stabil. misal TPA nilainya 7, bahasa inggris nilai nya 2, kayaknya gak bakal lulus tes deh. Jadi nilainya harus seimbang.

Nah, Kesimpulannya, untuk anak2 yang berasal dari keluarga sederhana, jangan pernah takut untuk bersaing. Belajar dengan sarana dan fasilitas yang ada aja, gak usah memaksakan diri sendiri. Yakinlah klo kita juga mampu bersaing, jangan pernah minder. Optimalkan kelebihan yang telah dikaruniakan Allah kepada kita. 

Dimana ada kemauan pasti ada jalan.

Semangat!!! ^_^

 

Label: | edit post
0 Responses

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails

Galeri