Safiamita
Ada yang tau rasanya sakit gigi? Pastinya sudah banyak yang tau ya. Tapi klo yang belum tau, gak usah punya cita2 untuk mencoba merasakannya. Sakitnya itu tak terkatakan, tak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Tapi saran kita, mending gak usah sakit gigi deh. Jagalah giginya baik-baik. Sebenarnya aku jg sudah perhatian sama gigi, sehari bisa 3-4 kali sikat gigi. Tapi mungkin memang udah saat nya harus merasakan sakit gigi, karena ternyata gigi geraham belakang itu sering gak bisa dijangkau sama sikat gigi, jadi sisa makanan menumpuk disitu dan bikin giginya bolong (penjelasan dari dokter giginya).

Alkisah, kita merasakan sakit gigi ketika bulan Ramadhan tadi. Setelah sholat tarawih, tiba-tiba rasanya snuut...snuuut... nyeri tak tertahankan sampe air matanya keluar sendiri. Sebenernya udah tau klo gigi geraham belakang yang sebelah kiri atas itu bolong. Tapi tau nya pun belum lama ini juga. Ketika tau pertama kali, dikirain itu karang gigi, trus disikat terus akhirnya rontok. Setelah rontok itu baru tau klo itu ternyata gigi.

Untuk mengatasi sakit gigi nya itu, kita kumur-kumur pake air garam, alhamdulillah lumayan manjur untuk menenangkan syaraf nya yang lagi 'mengamuk' di gigi. Ketika bangun sahur, ternyata masih sakit gigi.. huhuhu... tapi masih nekat mau puasa. Ketika siang hari baru ngerasa gak kuat lagi nahan sakitnya, akhirnya batal puasa untuk sekedar minum cataflam satu butir trus sorenya langsung berkunjung ke dokter gigi. Padahal paling males yang namanya ketemu dokter, apalagi dokter gigi. Secara jarang banget silaturahmi sama dokter gigi. Seingatku, baru dua kali aku ke dokter gigi untuk perawatan, yang pertama ketika masa SD dulu, diajak Ibu ke Puskesmas untuk cabut gigi dan yang kedua sekitar 10 tahun yang lalu pergi ke dokter gigi di palembang sekedar untuk meriksain gigi masih bagus atau udah ada yg bermasalah, ternyata masih bagus semua.

Nah, setelah daftar nunggu sebentar trus masuk ke ruangan dokter gigi nya, katanya gigi ku harus dicabut soalnya giginya itu udah tinggal separuh dan bolongnya itu udah kena syarafnya jadi pasti sakit. Hiks... masa sekali nya ke dokter udah langsung cabut... akhirnya aku minta obat aja untuk meredakan sakitnya dulu aja sama minta ditambal untuk satu gigi geraham bawah yang menurutku sepertinya udah ada titik hitamnya, cikal bakal bolong. Sama dokter, giginya langsung ditambal permanen karena bolongnya masih kecil.

Setengah bulan berlalu, hampir tiap malam masih mikirin gigi nya sampe gak bisa tidur : cabut.. gak.. cabut.. gak.. ditambah lagi, masih berasa sakit gigi juga tapi ngerasain sakitnya malah di gigi geraham bawah. Wah, jangan2 gigi yang ditambal sama dokternya itu. Akhirnya kita ke dokter gigi lagi. Tapi dokternya ngotot klo yang bikin sakit itu gigi geraham atas yang udah bolong. Teteup aja disuruh cabut karena udah gak mungkin buat ditambal lagi...

Akhirnya, Bismillah deh.. setelah minum obat trus besoknya ke dokter lagi buat cabut gigi. Katanya kan pas disuntik biusnya itu yg berasa sakit, ternyata ketika di suntik aku gak berasa sakit. Abis disuntik disuruh nunggu sekitar 15 menit, abis itu masuk lagi keruangan dokter untuk eksekusi giginya. Yo wis lah, pasrah dari pada menyimpan 'masalah' didalam mulut terus2an dan gak kuat juga nahan sakitnya itu...
Mulai lah dokter memasukkan semacam tang ke dalam mulut buat cabut giginya...dan... gak sampe 3 menit, dokternya bilang, "udah selesai, Bu". Hahh? gitu doang, Dok? yang bikin aku udah gak bisa tidur selama setengah bulan ini? hadeeh... ternyata gak ada sakit sama sekali.... seperti yang dicemaskan selama ini.
Sebelumnya juga tanya ke dokternya, nanti ada efek samping gak setelah cabut gigi itu, karena klo baca2 di internet katanya nanti ngaruh ke mata, dsb. Kata dokternya sih gak ada efek samping nya dan benar juga setelah satu bulan ini emang gak ngerasain apa2 kecuali gigi nya jadi ompong satu. hehe...
Alhamdulillah sudah lewat...
Yang penting sekarang bertekad gak mau sakit gigi lagi. Lebih aware lagi sama gigi nya dan gigi anak-anak juga tentunya, jangan sampe mereka sakit gigi kayak emaknya.
Tipsnya klo mau tambal atau cabut gigi, pilihlah dokter gigi yang terpercaya atau recommended. Klo dokter gigi kemarin itu rekomendasi dari teman yang biasa kesana, alhamdulillah cocok juga sama kita.

Label: | edit post
0 Responses

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails

Galeri