Safiamita

Minggu lalu si Adek mengeluh, sakit dibagian bawah pipinya. Klo makan juga sakit, katanya. Kita pikir apa sakit gigi ya? tapi katanya bukan. Setelah disentuh, seperti ada kelenjar yang bengkak di bagian bawah pipi kanan dan kiri, badannya juga jadi demam. Karena itu sabtu sore, dokter spesialis anak juga sudah agak susah dicari. Telpon ke beberapa rumah sakit, katanya dokternya sudah pada selesai praktek.
Akhirnya nunggu malam, tapi pas malam adeknya malah udah gak mau diajak ke dokter. Kita juga gak begitu khawatir karena si Adek masih beraktivitas, main seperti biasa. Panasnya juga turun setelah diberi obat penurun panas.
Klo liat indikasinya, kayaknya si Adek gondongan deh....
Akhirnya Ayahnya searching di internet....
klo berdasarkan indikasinya sih bener...

Pada tahap awal (1-2 hari) penderita Gondong mengalami gejala: demam (suhu badan 38.5 – 40 derajat celcius), sakit kepala, nyeri otot, kehilangan nafsu makan, nyeri rahang bagian belakang saat mengunyah dan adakalanya disertai kaku rahang (sulit membuka mulut).
Selanjutnya terjadi pembengkakan kelenjar di bawah telinga (parotis) yang diawali dengan pembengkakan salah satu sisi kelenjar kemudian kedua kelenjar mengalami pembengkakan.
Pembengkakan biasanya berlangsung sekitar 3 hari kemudian berangsur mengempis.
Setelah 3 hari, pembengkakannya mengempis sendiri, alhamdulillah sekarang si Adek udah sehat. Katanya penyakit ini menyebar lewat virus dan biasanya dialami hanya sekali seumur hidup.
Penyakit gondongan sebenarnya tergolong dalam "self limiting disease" (penyakit yg sembuh sendiri tanpa diobati). Penderita penyakit gondongan sebaiknya menghindarkan makanan atau minuman yang sifatnya asam supaya nyeri tidak bertambah parah, diberikan diet makanan cair dan lunak.
Jika pada jaman dahulu penderita gondongan diberikan blau (warna biru untuk mencuci pakaian), sebenarnya itu secara klinis tidak ada hubungannya. Kemungkinan besar hanya agar anak yang terkena penyakit Gondongan ini malu jika main keluar dengan wajah belepotan blau, sehingga harapannya anak tersebut istirahat dirumah yang cukup untuk membantu proses kesembuhan.

Pencegahan Penyakit Gondongan (Mumps/Parotitis)Pemberian vaksinasi gondongan merupakan bagian dari imunisasi rutin pada masa kanak-kanak, yaitu imunisasi MMR (mumps, morbili, rubela) yang diberikan melalui injeksi pada usia 15 bulan.Imunisasi MMR dapat juga diberikan kepada remaja dan orang dewasa yang belum menderita Gondong. Pemberian imunisasi ini tidak menimbulkan efek apanas atau gejala lainnya. Cukup mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar Iodium, dapat mengurangi resiko terkena serangan penyakit gondongan.
Info tentang penyakit ini, aku ambil disini :
Nah, klo minggu ini masalahnya beda lagi, si Adek lagi mogok sekolah, dirayu gimanapun juga gak mempan. Keukeuh gak mau sekolah. Mungkin udah bosen di playgroup kali ya? Ya udahlah, emaknya ngalah aja deh.
Tenang aja, Dek... Udah Bunda daftarin ke TK kok....
InsyaAllah tahun ini Adek udah bisa sekolah TK ya....
Amiin...
0 Responses

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails

Galeri