Safiamita

The picture credit to : https://www.pinterest.com/samadhiyoga8/mother-teresa/

Pertama kali membaca quote ini dari picture nya seorang teman di Whatsapp. Berasa mengena sekali karena ketika itu kita baru aja dapet rapel kenaikan tunjangan. Saya memang gak berniat untuk menaikkan standar hidup dengan kenaikan tunjangan itu, hanya mungkin lebih melonggarkan ikat pinggang, setelah selama setahun terakhir ini  mengencangkan ikat pinggang karena penghasilan berkurang akibat sekolah lagi.

Yang paling mengena dari quote itu adalah : Raise Your Standard Of Giving.
Wow, langsung menancap di hati.
Sudah lama saya berhenti menonton berita di TV, menonton acara2 yang bikin sedih, kayak orang pinggiran, dll. 
Saya berusaha mematikan hati, karena ketika melihat hal-hal yang menyakitkan, hal-hal yang menyedihkan itu juga membuat hati saya menjadi sakit, dan yang paling saya benci adalah ketika saya juga tidak bisa berbuat apa-apa untuk membantu mereka yang sedang susah itu.

Saya juga bukan orang yang bisa bersosialisasi dengan baik, kalaupun harus memberi, saya lebih suka memakai tangan orang lain? kenapa? karena saya gak punya keberanian untuk memberikannya langsung.

Dulu pernah, setiap pulang kantor saya selalu melewati jalan yang ada tunawisma tinggal di pinggir jalan itu. Setiap kali lewat situ, saya selalu terpikir untuk mampir, apalagi klo lagi bawa makanan pulang dari kantor...
Dalam imajinasi saya, saya berhenti sebentar trus ngasih makanan ke mereka. 
Mereka itu pemulung dan sepertinya sepasang suami istri, Bapak dan Ibu yang sudah tua. Tapi selama 6 tahun saya melewati jalan itu, saya gak pernah berani untuk berhenti.
Sampai di suatu saat di bulan ramadhan, suami mau bagi2 zakatnya yang masih harus dibayar. Trus saya usul buat ngasih bapak dan ibu itu. Tapi ketika disana, malah suami yang turun  dari mobil dan memberikannya, saya nunggu di mobil. Alhasil diomelin suami karena saya yg punya ide tapi dia yang mengeksekusi. hehe.. saya cuma diam dan senyum, tapi dalam hati rasanya bahagia sekali, karena paling tidak satu kali, kami bisa membatu mereka walau tidak seberapa. 
Sekali lagi, itu karena saya gak punya keberanian....
Jadi apa yang terlintas dipikiran hanya sekedar angan2 tanpa bisa diwujudkan jadi kenyataan.

Tapi untuk sekarang, saya sudah menemukan jalan untuk orang-orang yang gak punya keberanian seperti saya. Ada banyak lembaga sosial yang insyaAllah amanah, yang bisa jadi perpanjangan tangan untuk kita dalam memberi. Seperti sekarang, ada pengungsi rohingya, ada gempa di Nepal, lembaga DPU DT atau PKPU sudah menawarkan event untuk itu, kita tinggal transfer berapapun yang kita mampu ke rekening yang mereka sediakan. Dan bisa membantu kita untuk menjalankan Raise standard of giving....
karena kita gak cuma butuh tabungan untuk dunia, tapi yang paling penting juga tabungan untuk akhirat.

Smoga bisa meningkatkan standard of giving, aamiin....



0 Responses

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails

Galeri