Safiamita
Garang Asem hasil karyaku :)


Setelah searching2 di internet tentang garang asem kudus, akhirnya ketemulah link ini http://travel.kompas.com/read/2009/08/28/16190133/garang.asem.ayam.kampung.dari.kudus klo mau baca lengkapnya silahkan di klik sendiri yaa...

Dari link itu jadi tau arti garang asem itu sendiri apa. Ternyata garang itu artinya dipanaskan. Garang asem kan masaknya dibungkus daun trus dikukus/dipanaskan. Untuk resepnya, aku kira2 sendiri aja karena di link itu gak disebutkan komposisi pastinya. Sebagai pengganti santan, dipakailah kemiri biar tetap gurih (katanya).
Jadi kemarin masak garang asem dengan :
1 kg sayap ayam
15 siung bawang merah
8 siung bawang putih
6 buah kemiri
2 ruas lengkuas (se ibu jari deh)
5 lembar daun salam
belimbing wuluh (dipotong kecil2)
cabe rawit
garam, gula secukupnya
350 ml air
cara masak :
-Bawang merah, bawang putih ama kemiri dihaluskan.
-Panaskan air dikuali.
-Masukkan bumbu yang dihaluskan trus tambahin lengkuas dan daun salam plus garam dan gula secukupnya
-Setelah air mendidih, matiin apinya
-Siapkan daun untuk membungkus
-Masukkan ayam, atasnya taburi potongan belimbing wuluh dan cabe rawit sesuai selera lalu disiram dengan bumbu yang sudah kita bikin tadi trus dibungkus lalu dikukus sekitar 45 menit (untuk ayam biasa) klo ayam kampung katanya sekitar 1.5 jam
Trus angkat dan siap santap deh.
Untuk masak perdana kemarin, lumayan berhasil lah walau jadi rada asem karena kebanyakan nngasih belimbing wuluhnya :)
Selamat masak ya ! ^.^
Tips :
-Klo gak ada belimbing wuluh, boleh diganti ama tomat hijau (belimbing wuluhnya jgn kebanyakan ntar jadi keaseman)
-Biar lebih sehat, daunnya gak usah dilapisin plastik. Supaya gak bocor, pilih daun yang bagus dan rada banyak aja ngelapisin daun buat bungkusnya.
Label: | edit post
Reaksi: 
4 Responses
  1. Anonim Says:

    Makasih resepnya mbak :)
    Mama dan saya mencoba memasak resep garang asem ini kamis kemarin dan hasilnya luar biasa. Seger, gurih dan bikin nagih hehehe. Gareng asem ini cocok dengan lidah keluarga kami. Terima kasih mbak!

    Virginia


  2. Safiamita Says:

    Alhamdulillah, klo bermanfaat, mbak. terima kasih komentarnya :)


  3. Widhia Ic Says:

    berarti bumbunya di panaskan dulu sebelum di bungkus daun pisang ya?


  4. Safiamita Says:

    iya, bumbunya dimasak dulu, mbak.


Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails

Galeri