Safiamita
Ternyata gak cuma orang dewasa yang memerlukan kejelasan dalam hal reward and punishment atas apa yang telah atau akan mereka lakukan. Anak kecil juga memerlukannya. Contohnya aja si Kakak sekarang. Sebenarnya agak kurang setuju klo mengajari anak berbuat kebaikan dengan iming2 sesuatu. Selama ini masih mengajarkan konsep pahala dan dosa. Klo berbuat buruk, dapat dosa tapi klo berbuat baik, ya nanti dapet pahala yang banyak, bisa masuk surga dan disayang Allah.
Selama ini masih berhasil, tapi ternyata klo dia lebih mendapat kejelasan atas apa yang akan dia dapat klo dia melakukan sesuatu, ternyata bisa membuatnya lebih termotivasi. Seperti belajar puasa tahun ini untuk si Kakak. Kita sebenernya udah niat, klo kakak belajar puasanya berhasil, rencananya abis lebaran mau dibeliin sepeda baru sesuai keinginannya tapi gak dikasih tau ke anaknya, biar jadi kejutan aja.
Tapi kok puasanya teteup setengah hari terus, dzuhur makan dan abis itu puasa lagi.
Akhirnya mencoba trik baru biar kakak mau puasa penuh.
Sebenernya suami kurang setuju, tapi teteup kita jalankan ternyata berhasil.
Kita bilangnya gini, klo kakak puasanya penuh sehari, nanti bunda kasih Rp. 10.000,- buat masuk ke tabungan. Nanti klo uangnya udah cukup, kita beli sepeda abis lebaran.
Alhamdulillah, beberapa hari ini puasanya udah sehari penuh. Ternyata si Kakak udah kuat puasa sampe maghrib.
Hanya ada kejadian lucu, hari minggu lalu lalu dia main seharian. Jam 3- an baru pulang dari rumah Alya, temennya. Wah, kita udah mikir, nih anak kok gak ribut minta minum ya? biasanya klo abis main pasti ribut mau minta batalin puasanya karena haus. Jangan2..... minum dirumah temennya?
Pas pulang digodain sama tantenya, "kakak udah minum dirumah alya ya?"
dia diem aja, biasanya klo tuduhan kita gak bener, dia pasti langsung membela diri, self defense nya tinggi.
tapi ini kok diem aja ya?
kita langsung berkesimpulan : Wah, ternyata benar, hehe....
Abis itu hanya dinasehatin, "Puasa itu harus jujur,Kak. Walau Bunda gak tau kakak minum tapi Allah kan tau. "
Sekarang udah gak diulangi lagi kok sama si Kakak.
Itulah si Kakak dengan berbagai tingkahnya di bulan ramadhan ini, termasuk sussssaaaah banget dibangunin sahur sampe bikin bundanya pussiiiing..... ^_^'
0 Responses

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails

Galeri