Safiamita

Mungkin karena sangat menyukai air jadi lumayan terobsesi dengan air. Dulu waktu masih di Metro (Lampung), melihat pemandangan hamparan sawah yang digenangi air aja (sebelum masa tanam ) senengnya minta ampun, betah banget duduk berlama-lama ditengah sawah sambil memandangi sawah yang berubah jadi empang (dalam persepsiku, hehe..) Indah banget liat air yang bergelombang karena diterpa angin dan berkilau memantulkan sinar matahari yang menyinarinya.

Nah, mimpinya berlanjut klo punya rumah sendiri, harus ada elemen airnya yang dalam hal ini diwakili dengan kolam ikan. rumahnya harus ada gemericik air dan ikan warna warni yang berenang didalam kolamnya. Alhamdulillah terwujud juga, walau hanya kolam kecil ukuran 2X1 Meter tapi cukup lah untuk mengobati rindu terhadap air dan menghilangkan kepenatan setelah beraktifitas seharian hanya dengan memandangnya.
Sekedar info, klo di Semarang jasa bikin kolam kayak gini sekitar 450-500 rb per meter persegi. Tapi ini kolam nya sederhana aja, klo mau ditambah variasi tebing atau aksesoris lain, harganya biasanya menyesuaikan. Datang aja ke pasar ikan hias atau ke tukang tanaman yang biasanya menerima jasa pembuatan taman, biasanya bisa juga bikin kolam ikan kayak gini. Skalian direncanakan dulu, mau pelihara ikan apa dikolamnya. Klo ikan koi, biasanya kolamnya harus agak dalam buat menetralisir panas matahari disiang hari. Klo kolamku bisanya diisi ama ikan nila merah aja yang terkenal kuat dikondisi apapun. Udah pernah coba piara koi tapi gak pernah berhasil, mati mulu. Mungkin memang karena kondisi kolam yang gak memungkinkan.
Buat ngebersihin lumutnya, kita bikin filter sederhana plus kolamnya dicemplungin ikan sapu-sapu. Lumayan membantu kok. Selamat mencoba ya !
Label: | edit post
0 Responses

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails

Galeri